Perangkat keras komputer

 PERANGKAT KERAS KOMPUTER
A. Pengertian
           perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sebuah sistem komputer
 B. Fungsi

1.Input Device

Input device merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi sebagai input atau masukan, baik itu perintah dalam menjalankan sistem pada komputer. Ada beberapa perangkat yang masuk kedalam kategori input device, diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Keyboard : berfungsi untuk mengetik huruf an angka serta perintah pada komputer
  • Mouse : berfungsi untuk menjalankan perintah klik kiri dan klik kanan, menggerakkan pointer, serta menjalankan perintah dengan klik
  • Touchpad : berfungsi layaknya mouse, touchpad ini biasanya sebagai pengganti mouse dan biasa di jumpai pada laptop.

    2.Process Device

    Unit ini fungsinya untuk mengolah data yang sudah di masukkan melalui perangkat keras masukan. Berikut akan dijelaskan satu persatu yang termasuk dalam perangkat-perangkat pemrosesan.
  • Motherboard : fungsinya adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah computer , artinya mobo di sini mengemban tugas untk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.
  • Processor : fungsinya adalah mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan computer untk bisa digunakan menjalankan program-program komputer, menjelajah internet, memutar lagu, dan menjalankan sistem operasi.
  • RAM (Random Access Memory) : fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.
  • VGA Card (kartu grafis) : fungsinya adalah untuk mengubah atau menerjemahkan sinyal digital dari komputer ke monitor untk menampilkan grafis atau menciptakan tampilan-tampilan pada layar monitor.
Power Supply (PSU) : berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke seluruh perangkat keras komputer

3.Output Device

Output device adalah perangkat-perangkat komputer untuk menampilkan hasil akhir dari pengolahan yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini merupakan alat yg sangat penting peranannya bagi pengguna komputer karena akan memberikan hasil yg di inginkan dan dapat berbentuk pada sebuah media contohnya kertas. Berikut ini beberapa perangkat yg termasuk dalam output device.
  • Monitor : fungsinya adalah menampilkan dua data atau informasi dalam bentuk teks atau grafik.
  • Printer : fungsinya adalah untuk mencetak informasi yg dihasilkan oleh komputer pada media kertas.
  • Speaker : fungsinya adalah unit keluaran yg menghasilkan suara.

    4.Storage Device

    Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Contohnya seperti harddisk, flashdisk, cd dan lainnya yg berfungsi sebagai media penyimpanan data
  • Sumber:https://teknobos.com/fungsi-dan-pengertian-perangkat-keras-hardware/

Komentar